Santoso, Muhamad Aziz and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. and , Drs. Nur Chusni, SE.,M.Ag (2013) Prestasi Belajar Hukum Pajak Dan Perpajakan Ditinjau Dari Aspek Kognitif Dan Rutinitas Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (683kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (606kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif mahasiswa dalam memahami materi dan soal-soal terhadap Prestasi Belajar Hukum Pajak dan Perpajakan; 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Hukum Pajak dan Perpajakan; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar terhadap Prestasi Belajar Hukum Pajak dan Perpajakan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 201 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Sampel diambil sebanyak 132 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 0,329 + 0,029X1 + 0,019X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh aspek kognitif dan rutinitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Aspek kognitif berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Pajak dan Perpajakan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,628 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,010 dengan sumbangan efektif sebesar 7,1%; 2) Rutinitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Pajak dan Perpajakan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,120 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,036, dengan sumbangan efektif sebesar 5,3%; 3) Aspek kognitif dan rutinitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Pajak dan Perpajakan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,114 > 3,066 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,124 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Pajak dan Perpajakan, adalah sebesar 12,4% sedangkan 87,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek Kognitif, Rutinitas Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Mar 2013 05:39 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23133 |
Actions (login required)
View Item |