Prestasi Belajar Hukum Pajak Dan Perpajakan Ditinjau Dari Aspek Kognitif Dan Rutinitas Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010

Santoso, Muhamad Aziz and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. and , Drs. Nur Chusni, SE.,M.Ag (2013) Prestasi Belajar Hukum Pajak Dan Perpajakan Ditinjau Dari Aspek Kognitif Dan Rutinitas Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (683kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (606kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.__LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif mahasiswa dalam memahami materi dan soal-soal terhadap Prestasi Belajar Hukum Pajak dan Perpajakan; 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Hukum Pajak dan Perpajakan; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar terhadap Prestasi Belajar Hukum Pajak dan Perpajakan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 201 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Sampel diambil sebanyak 132 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 0,329 + 0,029X1 + 0,019X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh aspek kognitif dan rutinitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Aspek kognitif berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Pajak dan Perpajakan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,628 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,010 dengan sumbangan efektif sebesar 7,1%; 2) Rutinitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Pajak dan Perpajakan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,120 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,036, dengan sumbangan efektif sebesar 5,3%; 3) Aspek kognitif dan rutinitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Pajak dan Perpajakan, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,114 > 3,066 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,124 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Pajak dan Perpajakan, adalah sebesar 12,4% sedangkan 87,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kognitif, Rutinitas Belajar dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Mar 2013 05:39
Last Modified: 02 Nov 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23133

Actions (login required)

View Item View Item