Dewi, Sari and , Drs. Mulyadi, SK, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (192kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (384kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Karanganyar pada semester genap tahun 2012/2013 dengan menerapkan metode Card Sort. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 43 siswa. Prosedur penelitian dengan 2 siklus dalam satu siklus terdiri empat langkah, yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Jenis penelitian bersifat kuantitatif yang mengutamakan studi deskripsi. Sumber data menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian, yang dalam hal ini adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data dengan teknik olah data yang bersifat kualitatif, baik yang berhubungan dengan proses maupun hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dengan diterapkannya strategi Card Sort dalam proses pembelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam, keaktifan belajar siswa dari kondisi awal sampai dengan siklus II selalu meningkat, yang mana keaktifan belajar siswa setelah tindakan siklus II mencapai 94,9%. Perolehan indikator kinerja sebesar 94,9% ini sudah melebihi KKM yang diharapkan, yakni 80%. Oleh karena itu proses pembelajaran dengan strategi Card Sort bisa dihentikan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: ”Penerapan strategi Card Sort dalam pelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 02 Ngringo Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013”, terbukti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Card Sort, dan Keaktifan Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Mar 2013 10:20 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23122 |
Actions (login required)
View Item |