Peningkatan Kreatifitas Belajar IPS Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Hartini, Hartini and , Dra.Risminawati,M.Pd (2013) Peningkatan Kreatifitas Belajar IPS Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Mind Mapping pada khususnya. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karanganyar. Obyek penelitian ini adalah kreatifitas belajar IPS melalui metode mind mapping. Penelitian ini akan bermanfaat bagi MI Muhammadiyah Karanganyar pada umumnya,Guru serta siswa pada khususnya. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut,sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,tes dan dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi awal sebelum penggunaan metode mind Mapping yang di bawah KKM masih di atas 60% dengan rata-rata nilainya 62.Hasil observasi kreatifitas siswa masih rendah,maksimal baru 54%. Pada siklus I hasil observasi kreatifitas siswa tertinggi 62% dengan hasil nilai rata-rata 68.Pada siklus II hasil observasi kreatifitas siswa tertinggi 88% dengan hasil nilai rata-rata 80.Dengan demikian metode Mind Mapping dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Belajar IPS melalui metode Mind Mapping
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2013 09:05
Last Modified: 03 Nov 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23121

Actions (login required)

View Item View Item