Penerapan Metode Pembelajaran Snowballing Berbasis Investigasi Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura 2012 / 2013)

Saputro, Pebriyanto Canggih and , Drs. H. Slamet HW, M.Pd. (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Snowballing Berbasis Investigasi Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura 2012 / 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (606kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel melalui metode pembelajaran snowballing berbasis investigasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII.A SMP Muhammadiyah 1 Kartasura yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) mengerjakan persoalan dari peneliti didepan kelas sebelum tindakan 20,00% setelah tindakan 36,67% 2) mengemukakan ide pendapat atau pengerjaan sebelum tindakan 16,67% setelah tindakan 30,00% 3) menyelesaikan tugas yang diberikan peneliti sebelum tindakan 33,33% setelah tindakan 53,33% 4) membuat kesimpulan baik individu maupun kelompok sebelum tindakan 23,33% setelah tindakan 43,33%. Demikian juga hasil belajar siswa sebelum tindakan 10,00% setelah tindakan 56,67%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran snowballing berbasis investigasi dengan dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Hasil belajar, Snowballing,investigasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2013 08:22
Last Modified: 03 Nov 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23119

Actions (login required)

View Item View Item