Pengaruh Kemampuan Membaca Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013

Assari, Septika Ayu and , Masduki, S.Si., M.Si. (2013) Pengaruh Kemampuan Membaca Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (776kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (726kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan membaca terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara jenis kelamin dan kemampuan membaca terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2012/2013 Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 36 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang dilanjutkan dengan uji analisis data yaitu analisis variansi dua jalur sel tak sama. Dari hasil penelitian dengan menggunakan α= 5% diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukan oleh besarnya Fhitung = 0,703 < Ftabel = 4,17. (2) ada pengaruh kemampuan membaca terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukan oleh besarnya Fhitung = 9,67 > Ftabel = 3,32. (3) tidak ada interaksi antara jenis kelamin dan kemampuan membaca terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukan oleh besarnya Fhitung = 2,25 < Ftabel = 3,32. Karena terdapat pengaruh kemampuan membaca terhadap hasil belajar matematika, maka dilakukan uji lanjut untuk mengetahui perbedaan rerata antar kategori. Dari uji lanjut pasca anava diperoleh: (1) tidak ada beda hasil belajar yang signifikan antara kemampuan membaca tinggi dan sedang, yang ditunjukan oleh besarnya Fhitung = 0,27 < Ftabel = 6,64. (2) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kemampuan membaca tinggi dan rendah, yang ditunjukan oleh besarnya Fhitung = 21,18 > Ftabel = 6,64. (3) terdapat beda hasil belajar yang signifikan antara kemampuan membaca sedang dan rendah yang ditunjukan oleh besarnya Fhitung = 20,63 > Ftabel = 6,64.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jenis Kelamin, Kemampuan Membaca, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2013 08:02
Last Modified: 03 Nov 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23118

Actions (login required)

View Item View Item