Sulastri, Sulastri and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Penerapan Metode Course Review Horray Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N VI Bulungkulon Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (486kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (295kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (375kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa dengan metode course review horray pada siswa kelas IV SD Negeri VI Bulungkulon tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan metode course review horray yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri VI Bulungkulon yang berjumlah 38 siswa dan objek penenlitian adalah meningkatkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode course review horray. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan penerapan metode course review horray menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian diperoleh: 1) banyaknya siswa yang mampu menyampaikan pertanyaan/bertanya pada awalnya sebesar 18.42%, pada siklus I sebesar 50%, pada siklus II sebesar 71.05%. 2) siswa yang mampu menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 23.68%, siklus I sebesar 60.53%, dan siklus II sebesar 78.95%. 3) siswa yang mau maju ke depan kelas untuk bercerita sebelum tindakan sebesar 15.79%, siklus I sebesar 44.74%, dan siklis II 65.79%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode course review horray dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri VI Bulungkulon Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun ajaran 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berbicara, hasil belajar, metode course review horray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Mar 2013 07:06 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23116 |
Actions (login required)
View Item |