Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Metode Example Non Example(Ptk Di Kelas Viii Semester I Smp N 1 Kroya Tahun Ajaran 2012/2013)

Sari, Widya Estri Kartika and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si. and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Metode Example Non Example(Ptk Di Kelas Viii Semester I Smp N 1 Kroya Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRaN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajran matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode example non example. Jenis penelitian ini adalah PTK(Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kroya, yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan kelas adalah guru matematika kelas VIIIA dibantu oleh peneliti. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa mengajukan pertanyaan mengenai materi sebelum tindakan 13,8% dan setelah tindakan 63,89%, 2) kemampuan siswa menjawab pertanyaan mengenai materi sebelum tindakan 19,4% dan sesudah tindakan 55,56%, 3) kemampuan siswa bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 25% dan sesudah tindakan 69,44%, 4) kemampuan siswa dalam mengemukakan ide/ pendapat sebelum tindakan sebanyak 13,8% dan sesudah tindakan sebanyak 38,89%, serta 5) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum tindakan sebanyak 19,4% dan setelah tindakan sebanyak 72,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode example non example dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi, example non example
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2013 04:55
Last Modified: 03 Nov 2021 02:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23114

Actions (login required)

View Item View Item