Setyono, Andi and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Pengaruh Kemampuan Logika Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (418kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_SKRIPSI.pdf Download (805kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (223kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan logika terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013? 2) Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013? 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan logika dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013? Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen sebanyak 99 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 80 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Uji yang digunakan sebelum analisis data adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah itu dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 68,782 + 0,128.X1 + 0,146.X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kemampuan logika dan kebiasaan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kemampuan logika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0.036 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). 2) Kebiasaan belajar bepengaruh pada prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0,024 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). 3) Kemampuan logika dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). 4) Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi kemampuan logika terhadap prestasi belajar adalah sebesar 9,1% dan variabel kebiasaan belajar memberikan kontribusi sebesar 16,5% sehingga total sumbangan kemampuan logika dan kebiasaan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar adalah sebesar 25,6%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Logika, Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 13 Mar 2013 12:04 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23112 |
Actions (login required)
View Item |