HANDAYANI, LUVI (2011) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Dan Intensitas Belajar Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (913kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publiksai)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (690kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. 2) Untuk mengetahui pengaruh Intensitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. 3) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan intensitas belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang mengambil lokasi di SMK N 6 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas X Akuntansi SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 sejumlah 120 siswa, dengan Sampel 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 70,178 + 0, 183X1 + 0, 129X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan intensitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,883 > 2,281 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,016 dengan sumbangan efektif sebesar 27,9%. 2) Intensitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,525 > 2,281 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,024 dengan sumbangan efektif sebesar 18,9%. 3) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan Intensitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 8,152 > 3,101 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,468 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan Intensitas Belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 46,8%, sedangkan 54,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, intensitas belajar, dan prestasi belajar akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 13 Mar 2013 11:40 |
Last Modified: | 13 Mar 2013 11:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23110 |
Actions (login required)
View Item |