Wahyudi, Setyo and , Dr. Hj. Darsinah, SE, M.Si (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Melalui Metode Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Permainan Macan-Macanan Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wuryantoro Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (470kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar mata pelajaran Akuntansi melalui metode Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan macan-macanan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wuryantoro tahun pelajaran 2012/2013 Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana dalam masing-masing siklus terdapat empat tahapan yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran Akuntansi. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wuryantoro tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 32 siswa tetapi pada saat penelitian yang hadir 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan macan-macanan dalam pembelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wuryantoro tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan keaktifan belajar Akuntansi sebelum tindakan 18,36%, setelah tindakan siklus I sebesar 55,60% dan meningkat menjadi 85,78% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan macan-macanan dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Wuryantoro tahun pelajaran 2012/2013 diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media permaian macan-macanan, keaktifan belajar Akuntans |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 13 Mar 2013 11:28 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23108 |
Actions (login required)
View Item |