Efektivitas Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Dalam Memberikan Bekal Kompetensi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Angkatan 2009

Sidik, Rasiana Muhamad and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2013) Efektivitas Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Dalam Memberikan Bekal Kompetensi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Angkatan 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (702kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya timgkat kepuasan terhadap pelaksanaan PPL yang ditunjukkan dalam penelitian yang dilakukan oleh pengelola PPL yaitu tingkat kepuasan Mahasiswa terhadap layanan PPL sebesar 35% sedangkan tingkat kepuasan Guru Pamong terhadap proses PPL sebesar 25%. Tujuan penelitian adalah: (1) mengetahui efektivitas pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan dalam memberikan bekal kompetensi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi. (2) mengetahui/menggali permasalahan yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Akuntansi selama mengikuti PPL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu (1) informan, yaitu mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun angkatan 2009 yang mengikuti PPL; (2) dokumen yang berhubungan dengan pelaksanaan PPL. Teknik pengunpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Secara keseluruhan pelaksanaan PPL tahun 2012 cukup baik. (2) Pelaksanaan PPL ada yang tidak sesuai dengan mekanisme pelaksanaan PPL antara lain: (a) Pelaksanaan observasi. (b) Latihan mengajar. (3) Sebagian besar kompetensi keguruan telah di berikan kepada mahasiswa peserta PPL. (4) Permasalahan yang dihadapi mahasiswa selama pelaksanaan PPL antara lain: (a) Pembagian waktu PPL dan jadwal kuliah yang masih padat (b) Harus masuk ke sekolah setiap hari. (c) Sulit mendapatkan izin untuk mengikuti jadwal perkuliahan atau keperluan yang lain. (d) Mahasiswa PPL kesulitan dalam menjelaskan materi dan mengelola kelas. (e) Kesulitan transportasi, sehingga sering terlambat datang ke sekolah. (f) Kordinasi antar peserta PPL yang kurang baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bekal Kompetensi Guru, Efektivitas Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Mar 2013 11:14
Last Modified: 28 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item