Sriyanti, Sriyanti and , Drs. M. Djaelani, M.Pd. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Dengan Metode Eksperimen Di Kelompok A TK 01 Nglebak Tawangmangu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (777kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
MASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (515kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains pada anak dengan menerapkan metode eksperimen di Kelompok A TK 01 Nglebak Tawangmangu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan melalui tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di TK 01 Nglebak Tawangmang tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 18 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis dengan teknik komparatif. Kriteria ketuntasan atau KKM pada penelitian ini adalah jika jumlah nilai indikator yang dicapai anak ≥ 39. Hasil penelitian menunjukkan prosentase jumlah anak yang nilai kemampuan sainsnya sudah mencapai KKM pada setiap siklusnya, yaitu sebelum tindakan (prasiklus) prosentase jumlah anak yang sudah tuntas sebesar 44% (8 anak), kemudian setelah diberi tindakan menggunakan metode eksperimen pada siklus I meningkat menjadi 61% (11 anak), pada siklus II meningkat menjadi 72% (13 anak), dan pada siklus III meningkat menjadai 88% (16 anak). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak di TK 01 Nglebak Tawangmangu tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan sains, Metode eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 13 Mar 2013 10:57 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 21:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23105 |
Actions (login required)
View Item |