Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Dengan Metode Eksperimen Di Kelompok A TK 01 Nglebak Tawangmangu Tahun Ajaran 2012/2013

Sriyanti, Sriyanti and , Drs. M. Djaelani, M.Pd. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Dengan Metode Eksperimen Di Kelompok A TK 01 Nglebak Tawangmangu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (777kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
MASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains pada anak dengan menerapkan metode eksperimen di Kelompok A TK 01 Nglebak Tawangmangu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan melalui tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di TK 01 Nglebak Tawangmang tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 18 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis dengan teknik komparatif. Kriteria ketuntasan atau KKM pada penelitian ini adalah jika jumlah nilai indikator yang dicapai anak ≥ 39. Hasil penelitian menunjukkan prosentase jumlah anak yang nilai kemampuan sainsnya sudah mencapai KKM pada setiap siklusnya, yaitu sebelum tindakan (prasiklus) prosentase jumlah anak yang sudah tuntas sebesar 44% (8 anak), kemudian setelah diberi tindakan menggunakan metode eksperimen pada siklus I meningkat menjadi 61% (11 anak), pada siklus II meningkat menjadi 72% (13 anak), dan pada siklus III meningkat menjadai 88% (16 anak). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak di TK 01 Nglebak Tawangmangu tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan sains, Metode eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2013 10:57
Last Modified: 04 Nov 2021 21:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item