Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dan Kontinuitas Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013

Haque, Arina and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dan Kontinuitas Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasrkan persepsi siswa mengenai kompetensi guru, 2) perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasrkan kontinuitas belajar, 3) perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan interaksi faktor persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan kontinuitas belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 140 siswa dengan sampel sebanyak 100 siswa yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian (Anova). Berdasar hasil analisis varian (Anova) didapatkan hasil sebagai berikut: 1) variabel persepsi siswa mengenai kompetensi guru dibagi menjadi tiga kriteria yaitu, a) tinggi 132,52-125,46 sebanyak 9 siswa, b) sedang 118,4-104,28 sebanyak 91 siswa, c) rendah 97,22-90,16 sebanyak 0 siswa. 2) variabel kontinuitas belajar dibagi menjadi dua kriteria, a) ajeg > 35,65 sebanyak 47 siswa, b) tidak ajeg < 35,65 sebanyak 53 siswa. 3) pengujian hipotesis pertama Fhitung 0,127, probabilitas 0,722, dan Ftabel 3,15 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,127 < 3,15 dan 0,722 > 0,05, 4) pengujian hipotesis kedua Fhitung 0,23, probabilitas 0,879 dan Ftabel 4,00 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,23 < 4,00 dan 0,879 > 0,05, 5) pengujian hipotesis ketiga Fhitung 0,02, probabilitas 0,960 dan Ftabel 3,15 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,02 < 3,15 dan 0,960>0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan, 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan persepsi siswa mengenai kompetensi guru. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,127 < 3,15 dan 0,722 > 0,05, 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan kontinuitas belajar. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < F tabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,23 < 4,00 dan 0,879 > 0,05, 3) tidak ada perbedaan prestasi belajar akuntansi berdasarkan interaksi faktor persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan kontinuitas belajar. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikasi atau 0,02 < 3,15 dan 0,960 > 0,05

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, kompetensi guru, kontinuitas belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Mar 2013 11:02
Last Modified: 02 Nov 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23104

Actions (login required)

View Item View Item