Peningkatan Kemandirian Belajar PKn Melalui Metode CTL Siswa Kelas III Semester 2 SDN 01 Harjosari Tahun Pelajaran 2012/2013

Daruni, Siti and , Drs. A. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2013) Peningkatan Kemandirian Belajar PKn Melalui Metode CTL Siswa Kelas III Semester 2 SDN 01 Harjosari Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (365kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (215kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah penggunaan metode CTL untuk meningkatkan kemandirian siswa pada pembelajaran Pkn pada siswa kelas III SD Negeri 01 Harjosari dengan jumlah sebanyak 15 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi siswa, pengamatan partisipasif dan catatan hasil refleksi. Teknik analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pkn materi Menghargai diri sendiri dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kemandirian belajar pra siklus sebesar 20%, siklus I sebesar 46,67 % dan Siklus II mendapatkan hasil sebesar 86,67 %. Hasil penelitian tindakan kelas tentang pembelajaran Pkn melalui model CTL yang dilakukan sebanyak dua siklus selalu mengalami peningkatan dan telah dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode CTL dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas III SD Negeri 01 Harjosari Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, Kemandirian Belajar, PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Mar 2013 10:30
Last Modified: 03 Nov 2021 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23102

Actions (login required)

View Item View Item