Pujiastuti, Tutik and , Dra. Haryatmi, M.Si. (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Aktif Numbered Head Together Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (337kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (59kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran aktif Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar dengan obyek penelitian adalah hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar IPS Siswa Kelas IV melalui pembelajaran pembelajaran aktif Numbered Head Together (NHT) terbukti rata-rata prestasi belajar siswa pada pra tindakan 65, pada siklus I 69, pada siklus II 80 dengan acuan nilai KKM 70.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran aktif numbered head taogether (NHT), hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Mar 2013 10:09 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23101 |
Actions (login required)
View Item |