Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Kec. Jatiyoso Kab. Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Santoso,, Budi and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si (2013) Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Kec. Jatiyoso Kab. Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bba V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian di SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar PKn melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Subyek penelitian adalah guru dengan siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Yang menjadi obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Karangsari yang berjumlah 18 orang. Data-data yang dikumpulkan berupa data pengamatan melalui lembar observasi dan dokumen kegiatan berupa foto kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kritis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Dengan penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari. Terbukti dengan angka persentase motivasi siswa pada kondisi awal yang hanya 33,2% meningkat menjadi 45,3% pada siklus I dan mencapai angka 83,9% pada akhir siklus II. Total peningkatan motivasi adalah sebesar 50,7%. Berdasarkan kondisi ini terbukti bahwa pembelajaran dengan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas V SDN 03 Karangsari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, metode Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 11:35
Last Modified: 03 Nov 2021 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23089

Actions (login required)

View Item View Item