Tarbiyah, Siti and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tahun Pelajaran 2012-2013 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (387kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (186kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran aktif Make A Match mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 01 Kalisoro tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Februari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Kalisoro. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas dan hasil belajar siswa dan proses penerapan model pembelajaran aktif Make A Match. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran aktif Make A Match mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Terjadi peningkatan rata-rata persentase pencapaian aktivitas belajar dari 45,16% menjadi 61,83% siklus I, dan 80% di siklus II. Rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 59,33 di kondisi pra siklus, 69,16 di siklus I, dan 79 di siklus II. Data ketuntasan belajar klasikal secara berturut-turut adalah 30% di kondisi pra siklus, 53,3 di siklus I dan 90 di siklus II. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran aktif Make A Match dapat menigkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 01 Kalisoro. Jumlah anak yang mencapai prosentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 80% jumlah anak mampu mencapai KKM sebesar 70.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran aktif make a match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Mar 2013 08:49 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 04:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23086 |
Actions (login required)
View Item |