Upaya Peningkatan Hasil Belajar Puisi Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III Semester I SDN 01 Suruhkalang Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Nurhayati, Nurhayati and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Puisi Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III Semester I SDN 01 Suruhkalang Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (108kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar puisi melalui metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN 01 Suruhkalang Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Rancangan penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti, diperoleh simpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar puisi pada siswa kelas III SDN 01 Suruhkalang tahun ajaran 2012/2013. hasl ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar puisi dari sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan. Siklus I ada peningkatan hasil belajar puisi dari nilai rata-rata siswa pra siklus 66,25 menjadi 70,00 dan dari pencapaian KKM 59,38% menjadi 81,25%. Siklus II ada peningkatan dari nilai rata-rata 70,00 menjadi 75,63 dan dari pencapaian KKM 81,25% menjadi 93,75% Jadi dari Pra siklus 19 siswa tuntas 13 siswa belum tuntas,Siklus I 26 siswa tuntas 7 siswa belum,Siklus II 30 siswa tuntas hanya 2 siswa yang belum tuntas. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar puisi pada siswa kelas III SDN 01 Suruhkalang Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Mar 2013 08:32
Last Modified: 03 Nov 2021 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23085

Actions (login required)

View Item View Item