Tumiyatun, Tumiyatun and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SD Negeri 03 Wonorejo, Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (489kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (829kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRANdoc.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas V SD Negeri 03 Wonorejo, Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif dan analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan, bahwa melalui model koperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn Siswa Kelas V SD Negeri 03 Wonorejo, Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 hal ini ditunjukkan dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebelum penelitian aspek yang dicapai sebesar 49,7%, siklus I sebesar 62,5% berarti ada peningkatan sebesar 25,75%, sedangkan siklus II sebesar 76,4% berarti ada peningkatan sebesar 22,24%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn Siswa Kelas V SD Negeri 03 Wonorejo, Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013, terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2013 07:58 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23072 |
Actions (login required)
View Item |