Murwoto, Hendro and , Drs. Mulyadi Sk, M.Pd (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (331kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (171kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013”. Tujuan Umum penelitian ini adalah Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA. Sedangkan Tujuan Khusus Penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 02 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013.. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 02 Karangpandan semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 orang siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswi perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tes setiap akhir siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai ? 75 dan suatu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila telah mencapai angka 80% siswa yang mendapat nilai 75 atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil tes setiap akhir siklus dan ketuntasan hasil belajar siswa secara berturut-turut sebelum diberi tindakan, setelah diberi tindakan siklus 1 dan siklus 2 adalah 47%, 72%, dan 92%. Nilai rata-rata hasil tes pra siklus, akhir siklus 1 dan akhir siklus 2 secara berturutturut yaitu 79; 81; dan 84. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas, disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA siswa, strategi pembelajaran inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2013 07:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23070 |
Actions (login required)
View Item |