Implementasi Metode Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kebak Kecamatan Jumantono Tahun Pelajaran 2012/2013

Muzayanah, Muzayanah and , Drs. Mulyadi, Sk, M.Pd (2013) Implementasi Metode Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kebak Kecamatan Jumantono Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (444kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Energi melalui implementasi metode pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kebak kecamatan Jumantono Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Kebak Jumantono tahun pelajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Kebak. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Kebak melalui penerapan metode make a match pada siklus I sebesar 72,7% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 90,9%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: make a match, metode pembelajaran, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2013 06:42
Last Modified: 03 Nov 2021 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23067

Actions (login required)

View Item View Item