Rokhani, Siti and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Dengan Metode Jig Saw Pada Kelas V Semester I Tentang Peraturan Perundang – Undangan Di SDN 01 Doplang, Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (515kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (247kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Jigsaw dalam peningkatan hasil belajar PKn materi peraturan perundang-undangan pada siswa kelas V SDN 01 Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan,yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Indikator kinerja yang digunakan adalah indikator kualitatif yang berupa keantusiasan, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan indikator kuantitatif yang berupa besarnya nilai ujian yang diperoleh siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKN pada kelas V SDN 01 Doplang yaitu terbukti dengan rata-rata prestasi belajar PKn yang dicapai siswa pra tindakan 66,03 dengan ketuntasan 48,38%, pada siklus I meningkat menjadi 77,09 dengan ketuntasan 77,85%, dan siklus II terjadi peningkatan secara signifikan yaitu 82,67 dengan ketuntasan 93,52%.Penelitian menyimpulkan bahwa metode Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar PKn materi peraturan perundang-undangan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar PKn, Metode Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2013 06:34 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23066 |
Actions (login required)
View Item |