Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Dengan Metode Stad Pada Siswa Kelas V SDN 01 Jumantoro Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Sugiyarsi, Sugiyarsi and , Drs.Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Dengan Metode Stad Pada Siswa Kelas V SDN 01 Jumantoro Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (517kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (300kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan metode STAD dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana pada siswa kelas V SDN 01 Jumantoro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013? Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana dengan metode STAD pada siswa kelas V SDN 01 Jumantoro Kecamatan Jumapolo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas V SDN 01 Jumantoro Jumapolo semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 yang jumlahnya 12 anak (5 laki-laki dan 7 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, jurnal siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu meliputi tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap verifikasi / penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Aktivitas siswa dalam peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode STAD siswa lebih aktif, bermotivasi dan antusias dalam mengikuti pelajaran menulis dialog. (2) Peningkatan keterampilan menulis dialog pada siswa kelas V SDN 01 Jumantoro setelah penerapan metode STAD meningkat yang terlihat dari hasil tes yang dicapai siswa yaitu sebelum tindakan hanya 3 siswa yang nilainya > 65 (KKM). Jadi nilai ketuntasan belajar siswa hanya 25% dengan nilai rata-rata 56,1. Pada siklus I sebanyak 8 siswa (66,7%) tuntas dengan nilai rata-rata 67,75. Pada siklus II sebanyak 11 siswa (91,7%) dengan nilai rata-rata 76,33.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis dialog metode STAD, meningkat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 12:28
Last Modified: 03 Nov 2021 03:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23062

Actions (login required)

View Item View Item