Sugiyarsi, Sugiyarsi and , Drs.Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Dengan Metode Stad Pada Siswa Kelas V SDN 01 Jumantoro Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (517kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (300kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan metode STAD dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana pada siswa kelas V SDN 01 Jumantoro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013? Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana dengan metode STAD pada siswa kelas V SDN 01 Jumantoro Kecamatan Jumapolo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas V SDN 01 Jumantoro Jumapolo semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 yang jumlahnya 12 anak (5 laki-laki dan 7 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, jurnal siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu meliputi tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap verifikasi / penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Aktivitas siswa dalam peningkatan keterampilan menulis dialog sederhana dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode STAD siswa lebih aktif, bermotivasi dan antusias dalam mengikuti pelajaran menulis dialog. (2) Peningkatan keterampilan menulis dialog pada siswa kelas V SDN 01 Jumantoro setelah penerapan metode STAD meningkat yang terlihat dari hasil tes yang dicapai siswa yaitu sebelum tindakan hanya 3 siswa yang nilainya > 65 (KKM). Jadi nilai ketuntasan belajar siswa hanya 25% dengan nilai rata-rata 56,1. Pada siklus I sebanyak 8 siswa (66,7%) tuntas dengan nilai rata-rata 67,75. Pada siklus II sebanyak 11 siswa (91,7%) dengan nilai rata-rata 76,33.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis dialog metode STAD, meningkat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 12:28 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23062 |
Actions (login required)
View Item |