Dilema Identitas Etnis Tionghoa Dalam Film Televisi (Ftv) Indonesia (Analsis Semiotik Tentang Representasi Etnis Tionghoa Di Singkawang Dalam FTV Bakpao Ping Ping)

Slistyarini, Chlaras and , Taufik Murtono, M.Sn and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2013) Dilema Identitas Etnis Tionghoa Dalam Film Televisi (Ftv) Indonesia (Analsis Semiotik Tentang Representasi Etnis Tionghoa Di Singkawang Dalam FTV Bakpao Ping Ping). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Cover.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

Film merupakan bagian dari media massa yang mampu merepresentasikan aspekaspek dari kehidupan nyata. Film adalah bagian dari kajian ilmu komunikasi yang fokus pada studi komunikasi massa. Tema mengenai etnis Tionghoa memang cenderung tabu diperbincangkan mengingat latar belakang bangsa Indonesia dan etnis Tionghoa, namun perkembangan jaman mengubah persepsi tersebut dikala pasca era reformasi. Film ini menyajikan problematika kehidupan etnis Tionghoa di Indonesia yang mengalami dilema akan identitasnya baik identitas personal, identitas sosial, dan identitas kultural. Film dijadikan objek dalam penelitian ini karena di dalam film banyak terdapat tanda-tanda terselubung yang dapat dianalisis secara lebih mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan bentuk representasi identitas etnis Tionghoa di Singkawang melalui tanda-tanda dalam film televisi Bakpao Ping Ping. Metode analisis yang digunakan peneliti adalah metode analisis semiotika model Roland Barthes. Metode ini mampu mengupas film melalui tanda yang ada di dalamnya dengan pembagian makna denotasi, konotasi, dan mitos. Dalam analisis ini peneliti menampilkan adegan-adegan yang berkaitan dengan dilema identitas etnis Tionghoa. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa dilema identitas etnis Tionghoa terjadi karena beberapa hal. Dalam FTV Bakpao Ping Ping ini masalah fisik menjadi masalah karena berkaitan dengan unsur rasial yang memberi pengaruh besar pada karakter etnis Tionghoa. Identitas kultural dalam FTV Bakpao Ping Ping ini mengungkap kedilemaan etnis Tionghoa yang tetap mempertahankan identitas kulturalnya dengan tradisi-tradisi yang dianutnya walaupun sebagai etnis yang minoritas. Maka dapat disimpulkan bahwa etnis Tionghoa Singkawang tetap memegang teguh tradisi ketionghoaannya meskipun telah lama menjadi satu dengan tradisi-tradisi di Indonesia. Maka identitas kultural di sini mengacu pada sistem integrasi budaya tetap bergabung dengan identitas baru sebagai orang Indonesia, tetapi tidak dapat meninggalkan tradisi lamanya sebagai etnis Tionghoa. Dilema itu bergejolak dalam diri etnis Tionghoa Indonesia yang mana di representasikan dalam film televisi Bakpao Ping Ping adalah bentuk ketidakmampuan dalam mencapai kemakmuran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Dilema, Identitas, Etnis Tionghoa, Film Bakpao Ping Ping.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Mar 2013 12:08
Last Modified: 22 Oct 2021 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item View Item