DARMARINI, ZUSI TYAS and , Drs. Suwarno, SH, M.Pd (2013) Penggunaan Strategi Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDN 03 Ngadirejo Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (509kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (394kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas II SDN 03 Mojogedang kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan strategi contextual teaching learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua putaran dan tiap putaran melalui empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 03 Ngadirejo dan guru kelas II yang juga peneliti dalam penelitian ini di SDN 03 Ngadirejo sebagai subyek pelaku strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara langsung, dokumentasi, dan post test. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pra siklus siswa diperoleh data motivasi belajar siswa masih sangat rendah yaitu sebesar 45% ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 40%, masih ada 60% siswa yang belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 60% dengan persentase motivasi belajar siswa sebesar 57,5%, dan hasil belajar siswa mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 100% memenuhi ketuntasan belajar dengan persentase motivasi belajar siswa sebesar 80,8%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mencapai hasil optimal pada siklus II dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi nilai rata-rata KKM (67). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada siswa kelas II SDN 03 Ngadirejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar siswa, CTL(Contextual Teaching Learning), motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 11:31 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23052 |
Actions (login required)
View Item |