Maharani, Yasinta (2012) Strategi Komunikasi Pembangunan Dalam Meningkatkan Eksistensi Pasar Tradisional ( Study Deskriptif Kualitatif Tentang Pelaksanaan Strategi Dinas Pengelolan Pasar ( DPP )Pemerintah Kota Surakarta Dalam Meningkatkan Eksistensi Pasar Tradisional Nusukan, Banjarsari ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (10MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (390kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (7MB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
Abstract
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli secara langsung serta terjadinya proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Sedangkan pasar modern adalah Penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung serta tidak ada tawar menawar. Kehadiran pasar modern menggeser kegiatan ekonomi rakyat yang bergerak di pasar tradisional. Adanya pasar modern menjadi kekhawatiran tersendiri oleh sebagian pedagang di pasar tradisional maka DPP Kota Surakarta terus berupaya untuk menghidupkan pasar tradisional agar tidak tergeser oleh keberadaan pasar modern yang kian merata diberbagai daerah. Sehingga eksistensi pasar tradisional dan minat masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional terus meningkat. Penelitian bertujuan untuk mempelajari, mendiskripsikan, menganalisis, dan memahami Strategi Komunikasi Pembangunan yang digunakan oleh DPP Pemerintah Kota Surakarta untuk meningkatkan eksistensi pasar Nusukan agar tingkat eksistensinya tidak tergeser oleh pasar modern. Untuk menganalisisnya digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknis analisis data model interaktif menurut Miles & Huberman. Untuk mengetahui hasilnya melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Strategi DPP untuk memberdayakan pasar tradisional adalah melalui pembangunan/ renovasi pasar, pemeliharaan pasar, pengembangan dan pengelolaan sampah pasar, meningkatkan keamanan pasar, pembinaan pedagang pasar. Strategi komunikasi pembangunan yang digunakan untuk meningkatkan ekistensi pasar tradisional adalah strategi berdasarkan media, strategi desain instruksional (perencanaan, sosialiasai, implementasi serta evaluasi), dan strategi partisipatori. Temuan dalam penelitian ini adalah keberadaan pasar modern bukanlah faktor utama sepinya pembeli disebagian pasar tradisional. Pasar modern dan pasar pasar tradisional mempunyai target pasar dan segmentasi yang berbeda sesuai dengan tingkat ekonomi dan kebutuhan konsumen. Walaupun temuan yang ditemukan seperti itu DPP masih terus melakukan strategi komunikasi pembangunan diseluruh pasar di Surakarta agar tingkat eksistensinya tidak tergeser dengan keberadaan pasar modern.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksistensi, Komunikasi Pembangunan, Pasar Tradisional. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 11:23 |
Last Modified: | 08 Mar 2013 13:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23051 |
Actions (login required)
View Item |