Arifiani, Septina (2012) Strategi Komunikasi Public Relations Pt Djarum Kudus Dalam Membangun Corporate Image Melalui Factory Visit. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (10MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (232kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (6MB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
Abstract
Corporate image sangat penting untuk sebuah perusahaan mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat. Stakeholder memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan. Peran Public Relations diharapkan mampu untuk membentuk corporate image yang positif perusahaan dimata stakeholdernya. Cara yang dapat dilalui oleh Public Relations adalah melalui strategi komunikasi yang disampaikan kepada stakeholder yang datang berkunjung di lingkungan perusahaan (factory visit). Factory visit dinilai mampu untuk membentuk image positif karena Public Relations PT Djarum dapat berkomunikasi secara langsung dengan stakeholdernya, sehingga memungkinkan PR untuk memberikan pesan-pesan yang mampu mengubah persepsi dengan pengunjung pada khususnya. Pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan diharapkan dapat menerapkan ilmu yang mereka dapatkan setelah mengikuti kegiatan ini dalam setiap pekerjaan maupun kehidupannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif, yakni dengan melakukan wawancara langsung dengan informan, observasi. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh Public Relations untuk membangun corporate image melalui factory visit adalah pertama, dengan menjalin nilai kekeluargaan antara pihak perusahaan dengan pengunjung PT Djarum selalu menganggap layaknya saudara kepada semua stakeholdernya. Kedua, berusaha membuat pengunjung merasa sengang selama berada di lingkungan perusahaan. Ketiga, memberikan hadiah kecil untuk para pengunjung yang hadir sebagai wujud kepedulian PT Djarum. Kegiatan ini menjadi sangat penting bagi PT Djarum karena banyaknya manfaat yang dapat diambil yang terpenting adalah image positif dari para pengunjung, sebagai sarana untuk memperkenalkan produk, serta penguatan brand Djarum kepada para pengunjung. Saran yang dapat penulis berikan adalah manajemen waktu yang lebih baik pada kegiatan ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations, Corporate Image, Factory Visit |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 11:09 |
Last Modified: | 08 Mar 2013 13:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23045 |
Actions (login required)
View Item |