Siyamtini, Siyamtini and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Teknik Dengan Menggunakan Strategi The Learning Cell Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Gondosuli Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (640kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (783kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (96kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca teknik kelas II SD Negeri 0I Gondosuli Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013. Penelitian ini melalui penerapan Strategi pembelajaran The Learning Cell pada tema Tempat Umum. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua (2) siklus, dengan subyek penelitian guru dan siswa kelas II SD Negeri 0I Gondosuli. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 50% (10 siswa) membaca tekniknya belum benar dari 20 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I hasil belajar aspek kelancaran membaca siswa meningkat menjadi 55% ( 11 Siswa) dari 20 siswa, sedangkan dalam penggunaan Intonasi kalimat sebesar 50% (10 siswa) siswa yang menggunakan lafal kata dengan tepat, 70% (14 siswa) penggunaan tanda baca yang tepat dalam membaca, 65% (13 siswa) sedangkan dilihat dari hasil belajar meningkat menjadi 60% ( 12 siswa). Dalam membaca juga mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II ini, yaitu siswa membacanya lancar meningkat sebesar 20% menjadi 75% (15 siswa), siswa yang menggunakan intonasi dengan tepat meningkat sebesar 25% menjadi 75% (15 siswa), siswa yang menggunakan lafal kata dengan tepat meningkat sebesar 5% menjadi 75% (15 siswa), siswa yang menggunakan tanda baca dengan tepat dalam membaca meningkat sebesar 10% menjadi 75% (15 siswa), sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 75%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan kemampuan membaca siswadan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 0I Gondosuli Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi The Learning Cell, kemampuan membaca teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 10:58 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23044 |
Actions (login required)
View Item |