Peningkatan Academic Skill Dalam Pembelajaran IPS Materi Koperasi Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Gaum Kecamatan Tasikmadu Tahun Pelajaran 2012/2013

Susilowati, Susilowati and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Peningkatan Academic Skill Dalam Pembelajaran IPS Materi Koperasi Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Gaum Kecamatan Tasikmadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (513kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (403kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan academic skill (mengidentifikasi materi, merumuskan hipotesis, dan merancang percobaan/penelitian) dalam pembelajaran IPS materi Koperasi melalui metode tutor sebaya pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gaum tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Gaum. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS pada materi Koperasi. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus, dengan teknik analisis data interaktif. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan academic skill siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gaum. Persentase academic skill siswa pada siklus I 63,75% dan meningkat pada siklus II sebesar 85% memenuhi indikator kinerja penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: academic skill, tutor sebaya
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 07:25
Last Modified: 03 Nov 2021 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23039

Actions (login required)

View Item View Item