Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ngunut Jumantono Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013

Nurhayatti, Rossana and , Drs. M. Yahya, M.Si (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ngunut Jumantono Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DATAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (437kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajara IPA dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Students Team Achievement Divisions pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngunut Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 Penelitian dilakukan termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 01 Ngunut Jumantono Karanganyar . Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observasi, dokumentasi dan wawancara. Rancangan Penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik analisis data menggunakan tehnik deskriptif komparatif, yakni dengan membandingkan hasil antar silkus. Dari hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar IPA Siswa Kelas IV dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Students Team Achievement Divisions. Terbukti rata-rata keaktifan belajar siswa pada kondisi awal 35%, pada siklus I 68%, pada siklus II 85%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar Siswa, Students Team Achievement Divisions
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Mar 2013 07:06
Last Modified: 03 Nov 2021 02:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23038

Actions (login required)

View Item View Item