Indrayani, Indrayani and , Drs.Andi Haris Prabawa,.M.Hum. (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar IPA “Perubahan Wujud Benda” Melalui Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SD 03 Gondosuli Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (434kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam mendiskripsikan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD N 03 Gondosuli Kecamatan Tawangmagu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan penelitian tindakan kelas. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini analisis interaktif. Teknik tersebut mencakup kegiatan untuk mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperatif Script. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari pra siklus siswa yang mempersiapkan perlengkapan belajar sebanyak 33,33 % (2 siswa) pada siklus I sebanyak 50 % (3 siswa) dan pada siklus II sebanyak 83,33 % (5 siswa). Siswa yang memberi tanggapan sebanyak 33,33 % (2 siswa) pada siklus I sebanyak 33,33 % (2 siswa) dan pada siklus II sebanyak 66,66 % (4 siswa). Siswa yang mampu menjelaskan perubahan wujud benda sebanyak 50 % (3 siswa) pada siklus I sebanyak 50 % ( 3 siswa) dan pada siklus II sebanyak 83,33 % ( 5 siswa). Siswa yang aktif dalam memberi contoh perubahan wujud benda sebanyak 50 % ( 3 siswa) pada siklus I sebanyak 50 % ( 6 siswa) pada siklus II sebanyak 83,33% (5 siswa), dan siswa yang mampu menyebutkan istilah dalam perubahan wujud benda sebanyak 16,66 % (1 siswa) pada siklus I sebanyak 33,33 % dan pada siklus II sebanyak 66,66 % (4 siswa). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode cooperativescript dapat meningkatkan aktivitas belajar padaIPA pada siswa kelas IV SD N 03 Gondosuli Kecamatan Tawangmangu Tahun 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran cooperativescript, aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 06:29 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23035 |
Actions (login required)
View Item |