Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Menggunakan Hand Puppet (Boneka Tangan) Pada Anak Kelompok B TK Dawungan 1 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Arviana, Donik and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2013) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Menggunakan Hand Puppet (Boneka Tangan) Pada Anak Kelompok B TK Dawungan 1 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (675kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bercerita menggunakan hand puppet (boneka tangan) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa TK Dawungan 1 Masaran Sragen. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur, dengan tiga siklus, yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa siswa TK Dawungan 1 Masaran Sragen melalui metode bercerita menggunakan hand puppet (boneka tangan). Sebelum tindakan sampai dengan siklus III yaitu sebelum tindakan 38,09%, siklus I 56,73%, siklus II 71,99% dan siklus III 84,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode bercerita menggunakan hand puppet (boneka tangan) dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa TK Dawungan 1 Masaran Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahasa, metode bercerita, hand puppet (boneka tangan)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2013 07:09
Last Modified: 04 Nov 2021 21:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23020

Actions (login required)

View Item View Item