Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Pohon Hitung DI TK Bakti Sosial Desa Temon, Kec. Simo, Kab.Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Utami, Esti and , Dr. Darsinah, M.Si and , Dra. Sundari, S.H., M.Hum. (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Pohon Hitung DI TK Bakti Sosial Desa Temon, Kec. Simo, Kab.Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (835kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak melalui bermain pohon hitung kelompok B di TK Bakti Sosial Temon, Simo, Boyolali, tahun ajaran 2012/2013. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan catatan lapangan untuk mengamati proses pembelajaran melalui bermain pohon hitung dan kecerdasan logika matematika. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif untuk mengolah data kecerdasan logika matematika dan analisis interaktif untuk menganalisis bermain pohon hitung. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan logika matematika anak dalam kegiatan pembelajaran melalui bermain pohon hitung di TK Bakti Sosial Temon, Simo, Boyolali, Tahun pelajaran 2012/2013 dalam setiap tindakan yang dilakukan. Hal ini ditunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui bermain pohon hitung, bahwa sebelum tindakan 35,71%, siklus I mencapai 52,66%, siklus II mencapai 63,63%, dan siklus III mencapai 81,81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan bermain pohon hitung dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak TK Bakti Sosial Temon, Simo, Boyolali, Tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logika Matematika, Bermain Pohon Hitung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2013 06:46
Last Modified: 04 Nov 2021 21:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23018

Actions (login required)

View Item View Item