Mayasari, Oktaviana Arista and , Drs. Mulyadi S.K., M.Pd. (2013) Relevansi Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas V SD Dengan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Di SD Negeri Bacin 2 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (895kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (351kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku paket “Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia” dan “Cakap Berbahasa Indonesia 5” yang digunakan SD Negeri Bacin 2 Kudus dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V sudah sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Subjek penelitian ini adalah buku paket Bahasa Indonesia kelas V yang digunakan SD Negeri Bacin 2 Kudus yaitu buku paket “Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia” dan “Cakap Berbahasa Indonesia 5”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi/metode analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,dan studi dokumenter. Teknik analisis dara dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan kedua buku paket“Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia” dan “Cakap Berbahasa Indonesia 5”dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V dengan mengambil materi-materi yang sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Guru menggunakan buku “Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia” untuk menjelaskan materi sedangkan buku paket “Cakap Berbahasa Indonesia 5” hanya digunakan dengan mengambil teks bacaannya saja. Menurut guru muatan materi pada buku paket “Indahnya bahasa dan Sastra Indonesia” banyak yang lebih relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dari pada muatan materi di buku paket “Cakap Berbahasa Indonesia 5”. Hal ini dibuktikan melalui persentase jumlah materi yang relevan dengan SK dan KD pada buku “Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia” dan “Cakap Berbahasa Indonesia 5” terhadap SK dan KD. Berdasarkan hasil analisis muatan materi pada kedua buku paket “Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia” dan “Cakap Berbahasa Indonesia 5”, diperoleh persentase materi yang relevan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada kedua buku tersebut. Persentase materi yang relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada buku “Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia” sebesar 95,45%,. Sedangkan persentase materi yang relevan dengan SK dan KD pada buku “Cakap Berbahasa Indonesia 5” sebesar 35,40%. Dilihat dari persentase materi yang relevan dan materi yang tidak relevan pada kedua buku tersebut maka dapat disimpulkan bahwa buku “Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia” lebih baik dari pada buku “Cakap Berbahasa Indonesia 5”.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku paket Bahasa Indonesia kelas V SD, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Mar 2013 06:38 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23017 |
Actions (login required)
View Item |