Nisa’, Khoirotun and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Analisis Kesulitan Yang Dialami Guru Kelas Bawah Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri Wonotunggal 03 Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (759kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (507kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan yang dialami guru kelas bawah dalam menerapkan pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas bawah yaitu guru kelas satu, dua dan tiga SD Negeri Wonotunggal 03 Batang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di kelas bawah SD Negeri Wonotunggal 03 Batang belum melaksanakan pembelajaran tematik. Hal tersebut dikarenakan guru mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran tematik. Ada perbedaan kesulitan yang dialami masing-masing guru. Kesulitan guru kelas satu dan tiga adalah pada pemetaan SK, KD, dan indikator dengan tema, RPP, silabus, pengembangan jaringan tema, soal evaluasi, media, cara mengajar, pemahaman siswa dengan pembelajaran tematik. Sedangkan untuk guru kelas dua kesulitan dalam membuat media tematik. Faktor penyebab kesulitan yang dialami guru kelas bawah dalam menerapkan pembelajaran tematik di SD Negeri Wonotunggal 03 Batang adalah karena kurangnya sosialisasi pemerintah tentang pembelajaran tematik; sarana prasarana pembelajaran tematik sangat tidak memadai karena belum adanya buku tematik, jadwal tematik, soal tes tematik, dan rapot tematik; dan juga kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran dan membuat media. Upaya yang dilakukan guru dan sekolah untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menghubungkan mata pelajaran di buku pegangan yang masih mata pelajaran, bertanya dengan guru kelas bawah yang lain, mengikuti studi banding yaitu melihat pembelajaran tematik di SD lain, sharing dengan teman-teman kendala apa yang ada di pembelajaran tematik dalam forum KKG, berkonsultasi dan mencari narasumber yang dianggap mampu yang telah benar-benar mengikuti penataran untuk mengatasi masalah, mencari buku pedoman dan buku tematik di kota Batang dan Pekalongan, dan sekolah sudah mengusulkan ke pengawas untuk meminta buku pedoman pembelajaran tematik namun jawabannya menunggu dari pemerintah pusat
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru kelas bawah, pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 11:44 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23011 |
Actions (login required)
View Item |