Fathoni, Khoirul and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas V Sd Negeri Purwodiningratan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (696kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pemanfaatan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V semester I SD Negeri Purwodiningratan, (2) Mendeskripsikan peningkatan kualitas dan hasil kemampuan menulis narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode kooperatif tipe STAD pada siswa di kelas V semester I SDNegeri Purwodiningratan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Purwodiningratan yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi dokumen, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran menulis narasi. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Penerapan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran menulis narasi. Hal ini ditandai keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis narasi mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif 41,79% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 85,29%, 2) Kualitas proses keterampilan pembelajaran menulis narasi siswa meningkat, yang meliputi perhatian siswa, aktivitas siswa, dan peran guru, 3) kualitas hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 70,16 dan pada siklus II meningkat mencapai nilai rata-rata sebesar 74,51. Dengan demikian, penerapan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan menulis karangan narasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis, karangan narasi, PTK. |
Subjects: | P Language and Literature > PC Romance languages |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 11:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23009 |
Actions (login required)
View Item |