Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Media Gambar Berkata Kunci Siswa Kelas IV SD Negeri I Mlopoharjo Wuryantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013

Wijanarko, Rahmat and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Media Gambar Berkata Kunci Siswa Kelas IV SD Negeri I Mlopoharjo Wuryantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (387kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan yang berdampak pada keaktifan siswa dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri I Mlopoharjo melalui media pembelajaran gambar berkata kunci. Subjek dari penelitian ini adalag guru dan siswa kelas IV SD Negeri I Mlopoharjo yang nerjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki, dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini diawali dengan pra siklus, dimana peneliti bertindak sebagai observer guru kelas IV SD Negeri I Mlopoharjo, kemudian peneliti melakukan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dalam menulis karangan yang berdampak pada keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Peningkatakan keterampilan terlihat dalam 5 indikator, yaitu, isi, pengorganisasian, penguasaan bahasa, diksi, ejakan dan tanda baca. Keterampilan siswa dalam membuat isi karangan pada pra siklus sebanyak 11 siswa (42,30%), siklus I sebanyak 17 siswa (65,38%), dan siklus II sebanyak 23 siswa (88,46). Keterampilan mengorganisasi karangan pada pra siklus sebanyak 8 siswa (30,76%), siklus I sebanyak 9 siswa (34,61%), dan siklus II sebanyak 21 siswa (80,76%). Keterampilan dalam penguasan bahasa pada pra siklus sebanyak 10 siswa (38,46%), siklus I sebanyak 14 siswa (53,84%), dan siklus II sebanyak 24 siswa (92,30%). Keterampilan gaya/pemilihan kata (diksi) pada pra siklus sebanyak 14 siswa (53,84%), siklus I sebanyak 17 siswa (65,38%), dan siklus II sebanyak 21 siswa ( 80,76%). Keterampilan [enggunaan ejakan dan tanda baca pada pra siklus sebanyak 15 siswa ( 57,69%), siklus I sebanyak 18 siswa ( 69,23%), dan siklus II sebanyak 22 siswa (84,61%). Peningkatan keterampilan menulis karangan dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang diperoleh data pada pra siklus sebanyak 7 siswa (26,92%) mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 11 siswa (42,40%) mengalami ketuntasan, dan pada siklus II sebanyak 21 siswa (80,76%) mengalami ketuntasan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran gambar berkata kunci dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD Negeri I Mlopoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, gambar berkata kunci, keterampilan menulis, karangan, keaktifan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Mar 2013 11:19
Last Modified: 29 Oct 2021 15:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23008

Actions (login required)

View Item View Item