Handayani, Ida Susi and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Hollywood Squares Review Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Karangsumber 01 Winong Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (288kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (698kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran Hollywod Squares Review pada siswa kelas V SD Negeri Karangsumber 01 Winong Pati Tahun 2012/2013. Jenis peneitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangsumber 01 dengan jumlah siswa 19. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan menggunakan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verivikasi data. Hasil penelitian ini adalah menunjukan hasil peningkatan motivasi siswa dalam belajar IPA melalui model pembelajaran Hollywood Squares Review hal ini dapat dilihat dari: 1) Tekun dalam menghadapi tugas guru sebelum tindakan 36,84%, siklus I 63,15%, siklus II 89,47%. 2) Ulet dan tidak putus asa sebelum tindakan 31,57%, siklus I 52,63%, siklus II 78,94%, 3) Ingin mendalami pelajaran IPA yang diajarkan di sekolah sebelum tindakan 36,84%, siklus I 57,89%, siklus II 89,47%, 4) Berusaha berprestasi sebaik mungkin sebelum tindakan 26,31%, siklus I 42,10%, siklus II 84,21%. 5) Senang, rajin dan belajar penuh semangat sebelum tindakan 42,10%, siklus I 63,15%, siklus II 94,73%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM = 70 sebelum tindakan 31,57%, siklus I 57,89%, siklus II 84,21%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Hollywood Squares Review dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Karangsumber 01.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi dan hasil belajar, model pembelajaran Hollywood Squares Review |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 10:59 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23003 |
Actions (login required)
View Item |