Hastuti, Shanti Fudyi and , Dr. Samino, M.M. and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Pendekatan Komunikatif (Communicative Approach)Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Guwokajen Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (243kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUIBLIKASI.pdf Download (96kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui pendekatan komunikatif (communicative approach) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Guwokajen Boyolali tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau(Classroom Action Research ). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Guwokajen pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 70% dari hasil belajar tiap siklus. Teknik analisis data secara komparatif dan interaktif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini: (1) Berdasarkan hasil secara keseluruhan diketahui terdapat peningkatan keterampilan membaca nyaring melalui pendekatan komunikatif (com-municative approach ) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Guwokajen Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011, hal ini dapat dilihat dari rata-rata keterampilan membaca nyaring pada Pra Siklus 63,70, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 76,10 dan Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 83,10; (2) Hipotesis yang menyatakan bahwa “penggunaan pendekatan komunikatif (communicative approach) dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Guwokajen Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012”, terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca nyaring, communicative approach. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 10:43 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23000 |
Actions (login required)
View Item |