Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Planted Question Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sd Negeri III Teloyo Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Waluyo, Adi and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Planted Question Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sd Negeri III Teloyo Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (392kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (290kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Planted Question pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri III Teloyo Wonosari Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri III Teloyo Wonosari Klaten yang berjumlah 17 siswa, subjek pelaku tindakan adalah guru kelas. Metode atau teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan/observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa pada kondisi awal 29,41%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 35,29% dan 47,05%, siklus II sebesar 64,70% dan 82,35%. Hasil belajar pada kondisi awal 29,41%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 35,29 % dan 52,94, siklus II sebesar 70,58% dan 82,35 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat dismpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran planted question dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri III Teloyo Wonosari Klaten tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, strategi pembelajaran planted question
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 10:07
Last Modified: 29 Oct 2021 13:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22996

Actions (login required)

View Item View Item