Waluyo, Adi and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Planted Question Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sd Negeri III Teloyo Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (392kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (290kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Planted Question pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri III Teloyo Wonosari Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri III Teloyo Wonosari Klaten yang berjumlah 17 siswa, subjek pelaku tindakan adalah guru kelas. Metode atau teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan/observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa pada kondisi awal 29,41%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 35,29% dan 47,05%, siklus II sebesar 64,70% dan 82,35%. Hasil belajar pada kondisi awal 29,41%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 35,29 % dan 52,94, siklus II sebesar 70,58% dan 82,35 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat dismpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran planted question dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri III Teloyo Wonosari Klaten tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, strategi pembelajaran planted question |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 10:07 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 13:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22996 |
Actions (login required)
View Item |