Sudarno, Sudarno and , Drs. Rubino Rubiyanto, M. Pd (2013) Peranan Buku Komunikasi Dalam Peningkatan Layanan Pendidikan Karakter Di Sdit Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLKASI.pdf Download (554kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan buku komunikasi dalam peningkatan layanan pendidikan karakter di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas/Guru dan siswa, sedangkan ojek yang diteliti adalah peranan buku komunikasi dalam peningkatan layanan pendidikan karakter di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2012/2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif, yaitu dengan memberikan keterangan dan penjelasan dari data hasil wawancara agar dapat dipahami keterkaitannya. Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Buku Komunikasi digunakan pada kelas I sampai dengan Kelas V. Wali Murid dan sekolah butuh adanya Buku Komunikasi. Buku Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam peningkatan layanan pendidikan karakter, diantaranya: 1)Buku komunikasi menjadi media penghubung antara Wali Murid dengan sekolah. Wali Kelas dapat melaporkan perilaku dan perkembangan siswa di sekolah kepada Wali Murid dan Wali Murid dapat melaporkan perilaku dan perkembangan siswa saat di rumah kepada Sekolah 2) Buku komunikasi berperan sebagai alat kontrol perilaku dan karakter siswa dalam kedisiplinan beribadah, sopan santun, akidah, akhlak dan ketertiban. 3) Buku komunikasi menjadi wadah bagi Wali Murid dan orang tua siswa dalam memotivasi siswa agar terpacu menjadi lebih baik. 4) Melalui buku komunikasi Orang tua siswa dapat menyampaikan kritik dan saran yang membangun kepada sekolah dan melalui Buku Komunikasi sekolah mengajak Orang tua siswa untuk sama-sama menjadi contoh yang baik dalam upaya penanaman karakter pada diri siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku komunikasi, pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 08:58 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 13:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22989 |
Actions (login required)
View Item |