Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Missouri Mathematics Project (Mmp) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2012/2013

Sari, Lina Putri Nanda and , Drs. Mulyadi S.K., M.Pd. (2013) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Missouri Mathematics Project (Mmp) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pajang III Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (766kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui metode Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan validitas instrumennya adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi bilangan bulat. Peningkatan minat tersebut terlihat dalam 4 indikator yaitu perasaan senang dalam menerima pelajaran, antusias siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, keberanian menjawab pertanyaan dari guru dan keterlibatan siswa dalam mengerjakan soal latihan. Perasaan senang dalam menerima pelajaran pada pra siklus sebanyak 15 siswa (39,47%), siklus I sebesar 21 siswa (55,26% dan siklus II sebanyak 30 siswa (78,95%). Antusias siswa dalam memperhatikan penjelasan guru pada pra siklus sebanyak 16 siswa (42,11%), siklus I sebanyak 23 siswa (60,53%) dan siklus II sebanyak 32 siswa (84,21%). Keberanian menjawab pertanyaan dari guru pada pra siklus sebanyak 15 siswa (39,47%), siklus I sebanyak 22 siswa (57,89%) dan siklus II sebanyak 30 siswa (78,95%). Keterlibatan siswa dalam mengerjakan soal latihan pada pra siklus sebanyak 20 siswa (52,63%), siklus I sebanyak 28 siswa (73,68%) dan siklus II sebanyak 34 siswa (89,47%). Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa diperoleh data pada pra siklus sebanyak 17 siswa (44,73%) mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 20 siswa (52,63%) mengalami ketuntasan dan siklus II sebanyak 30 siswa (78,95%). Kesimpulan penelitian ini bahwa metode Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Pajang III Surakarta tahun 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), minat dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2013 08:48
Last Modified: 29 Oct 2021 13:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22988

Actions (login required)

View Item View Item