Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Melalui Metode Sosiodrama Di SDN Kateguhan 02 Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Kusumastuti, Galih Sri and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Melalui Metode Sosiodrama Di SDN Kateguhan 02 Tawangsari Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publiaksi.pdf

Download (583kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan Metode Sosiodrama pada siswa kelas V SDN Kateguhan 02 Tawangsari Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kateguhan 02 Tawangsari Sukoharjo yang berjumlah 31 siswa (18 siswa perempuan dan 13 siswa laki – laki). Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara dan Metode Sosiodrama. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Dari hasil tindakan siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada diri siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, dokumentasi dan tes evaluasi serta lembar kerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ada tiga tahapan,seperti reduksi data, penyajian data(paparan data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini yaitu penerapan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal itu terlihat dari hasil penelitian dan didukung oleh fakta – fakta sebagai berikut : (1) ketepatan pengucapan (lafal) pada siklus I yaitu 78,6% dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 81,9%; (2) kelancaran berbicara pada siklus I yaitu 82% dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 83,2%; (3) keberanian berpendapat pada siklus I yaitu 38,6% dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 72,2%. Dengan meningkatnya nilai keterampilan berbicara siswa maka mempengaruhi hasil belajar siswa, dari prasiklus 35,48% atau 11 siswa yang tuntas meningkat menjadi 53,33% atau 16 siswa yang tuntas pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 87,10% atau 27 siswa yang tuntas pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Kateguhan 02 Tawangsari Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, metode sosiodrama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Mar 2013 10:55
Last Modified: 29 Oct 2021 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22986

Actions (login required)

View Item View Item