Okinawati,, Arika Yulia and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Giving Question And Getting Answer Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Plupuh I Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._PUBLIKASI.pdf Download (471kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode giving question and getting answer pada pembelajaran ipa kelas IV SD Negeri Plupuh I yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD negeri Plupuh I dan subyek pemberi tindakan adalah guru obyek penelitian adalah penerapan metode giving question and getting answer untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan penerapan metode giving question and getting answer pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Plupuh I menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi terlihat dalam indikator yaitu A, B, C,dan D. indikator A berupa siswa berani bertanya, dalam kategori ini motivasi belajar sebelum tindakan tercatat 34,61%, pada siklus I meningkat menjadi 38,46%, dan pada siklus II meningkat menjadi 73,07%. Indikator B berupa siswa berani mengeluarkan pendapat, dalam kategori ini motivasi belajar sebelum tindakan tercatat 30,77%, pada siklus I meningkat menjadi 38,46%, dan pada siklus II meningkat 76,92%. Indikator C berupa siswa aktif dalam kerja kelompok, dalam kategori ini motivasi belajar sebelum tindakan tercatat 23,07%, pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,61%. Indikator D berupa siswa aktif dalam mengerjakan soal, dalam kategori ini motivasi belajar sebelum tindakan tercatat 11,53%, pada siklus I hasil masih sama yaitu 11,53%, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,92%. Selain dari motivasi belajar, hasil belajar siswa dengan penerapan metode giving question and getting answer juga terjadi adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil sebelum tindakan siswa yang tuntas KKM sebesar 23,07%, pada siklus I meningkat menjadi 34,61, dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 65,38%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menggunakan metode giving question and getting answer dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Plupuh I.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Giving Question And Getting Answer, Motivasi, dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 11:41 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22982 |
Actions (login required)
View Item |