Penerapan metode “mengarang beranting” untuk Peningkatan keterampilan menulis dan hasil belajar Menulis karangan bahasa indonesia siswa kelas v SDIT Muhammadiyah al kautsar tahun ajaran 2012/2013

Wahyu Musyafak, Achmad and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Penerapan metode “mengarang beranting” untuk Peningkatan keterampilan menulis dan hasil belajar Menulis karangan bahasa indonesia siswa kelas v SDIT Muhammadiyah al kautsar tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (bab 2)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab 3)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab 4)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] PDF (Bab 5)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan keterampilan menulis dan hasil belajar menulis karangan melalui penerapan metode mengarang beranting pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Al Kautsar tahun ajaran 2012/2013. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Al Kautsar yang berjumlah 28 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar keterampilan menulis karangan sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 65,89 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 46,45 %, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 70,71 dengan ketuntasan belajar 71,43% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar keterampilan menulis karangan yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 78,04 dengan ketuntasan belajar 89,29 %. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar keterampilan menulis karangan siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mengarang beranting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis hasil belajar menulis karangan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, hasil belajar, metode mengarang beranting.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 05 Mar 2013 11:17
Last Modified: 28 Oct 2021 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22980

Actions (login required)

View Item View Item