Suryani, Sri and , Drs. Saring Marsudi, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Melalui Metode Time Token Arends Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Plosokerep 2 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (978kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (668kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Plosokerep 2 Sragen dengan penerapan metode Time Token Arends pada pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Plosokerep 2 Sragen yang berjumlah 17 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, lembar unjuk kerja dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keterampilan berbicara yang mencakup: 1) Pelafalan yang baik sebelum tindakan 47,06%, siklus I 58,82%, siklus II 76,47%. 2) Pilihan kata yang baik dan santun sebelum tindakan 35,29%, siklus I 52,94%, siklus II 82,35%. 3) Kenyaringan suara yang baik sebelum tindakan 41,18%, siklus I 64,70%, siklus II 82,35%. 4) Kinesik (mimik dan gerak anggota badan) yang baik sebelum tindakan 29,41%, siklus I 47,06%, siklus II 76,47%. 5) Kelancaran dalam berbicara yang baik sebelum tindakan 47,06%, siklus I 58,82%, siklus II 76,47%. 6) Penguasaan topik yang baik sebelum tindakan 52,94%, siklus I 64,70%, siklus II 82,35%. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 67,06 dengan ketuntasan belajar sebesar 47,06%, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74,41 dengan ketuntasan belajar sebesar 58,82%, dan pada siklus II nilai rata meningkat menjadi 81, 76 dengan ketuntasan belajar sebesar 82, 35%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Plosokerep 2 Sragen tahun 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, metode time token arends |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 09:22 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22978 |
Actions (login required)
View Item |