Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Strategi Joyfull Learning Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri Teloyo Iii Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Wardoyo, Taufik Heru and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Strategi Joyfull Learning Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri Teloyo Iii Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (765kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V_bar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (396kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan “Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Joyfull Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Sd Negeri Teloyo III Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Dalam penilitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah Kelas V SD Negeri Teloyo III Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten yang berjumlah 14 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Kebebasan Berorganisasi pada siklus 1 dan siklus 2. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa pada kondisi awal 37,14% mengalami peningkatan pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 45,67% dan siklus 1 pertemuan kedua sebesar 57,14%, siklus 2 pertemuan pertama sebesar 74,39% siklus 2 pertemuan kedua sebesar 88,56%. Hasil belajar pada kondisi awal 42,86% pada siklus 1 belum mengalami peningkatan dengan presentase 42,86% pada siklus 1 pertemuan kedua 57,14% siklus 2 pertemuan pertama sebesar 71,43% mengalami peningkatan pada siklus 2 pertemuan kedua sebesar 85,71%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi joyfull learning dapat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Teloyo III Wonosari Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, srategi, joyfull learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2013 08:24
Last Modified: 28 Oct 2021 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22975

Actions (login required)

View Item View Item