Wardoyo, Taufik Heru and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Strategi Joyfull Learning Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri Teloyo Iii Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (765kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V_bar.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (396kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan “Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Joyfull Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Sd Negeri Teloyo III Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Dalam penilitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah Kelas V SD Negeri Teloyo III Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten yang berjumlah 14 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Kebebasan Berorganisasi pada siklus 1 dan siklus 2. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa pada kondisi awal 37,14% mengalami peningkatan pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 45,67% dan siklus 1 pertemuan kedua sebesar 57,14%, siklus 2 pertemuan pertama sebesar 74,39% siklus 2 pertemuan kedua sebesar 88,56%. Hasil belajar pada kondisi awal 42,86% pada siklus 1 belum mengalami peningkatan dengan presentase 42,86% pada siklus 1 pertemuan kedua 57,14% siklus 2 pertemuan pertama sebesar 71,43% mengalami peningkatan pada siklus 2 pertemuan kedua sebesar 85,71%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi joyfull learning dapat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Teloyo III Wonosari Klaten tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, srategi, joyfull learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 08:24 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22975 |
Actions (login required)
View Item |