Feriati, Ana and , Drs. Saring Marsudi, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Practice Rehearsal Pairs Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Bagor 1 Miri Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (575kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (186kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi practice rehearsal pairs. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bagor 1 tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Tehnik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa. Peningkatan keterampilan berbicara dari pra siklus yang hanya 22,5%, siklus I 38,13%, dan siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan meningkatnya keterampilan berbicara, maka meningkat pula hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu pada pra siklus siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM hanya 9 siswa (56,25%), siklus I ada 11 siswa (68,75%), siklus II meningkat menjadi 14 siswa (87,5%). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi practice rehearsal pairs dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Bagor 1 tahun ajaran 2012/ 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, strategi Practice Rehearsal Pairs |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 08:01 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22974 |
Actions (login required)
View Item |