Penggunaan Strategi Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013

Permatasari, Dyan Eko and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Penggunaan Strategi Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (878kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Tunggak melalui strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Subyek yang memberikan tindakan dalam penelitian ini adalah guru dan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 35 siswa. Sedangan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi everyone is a tecaher here dan peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Tunggak tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus II adalah : 1) Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran 80 %, 2) Antusias siswa dalam bertanya dan membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi pembelajaran 82,8 %, 3) Antusias siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat 77 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Strategi Everyone Is A Teacher Here
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2013 07:40
Last Modified: 28 Oct 2021 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22973

Actions (login required)

View Item View Item