Permatasari, Dyan Eko and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Penggunaan Strategi Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (878kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (512kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Tunggak melalui strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Subyek yang memberikan tindakan dalam penelitian ini adalah guru dan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 35 siswa. Sedangan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi everyone is a tecaher here dan peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Tunggak tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus II adalah : 1) Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran 80 %, 2) Antusias siswa dalam bertanya dan membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi pembelajaran 82,8 %, 3) Antusias siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat 77 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Strategi Everyone Is A Teacher Here |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 07:40 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22973 |
Actions (login required)
View Item |